Diduga Kena Virus Influenza, Ratusan Ekor Ayam Mati Setiap Hari


JATIM NEWS | KARANGASEM — Ratusan ekor ayam mati setiap harinya akibat terserang penyakit yang diduga dipicu oleh serangan virus Avian Influenza atau Ai, Jumat (14/7/2023).

Cuaca buruk dengan curah hujan dan hawa dingin yang terjadi beberapa waktu lalu, diduga memicu mewabahnya penyakit yang menyerang ribuan ekor ayam di sejumlah sentra peternakan ayam petelur di Karangasem. 

Ribuan ayam petelur di sejumlah sentra peternakan di Karangasem terserang penyakit, yang diduga dipicu oleh serangan virus Avian Influenza atau Ai, ada ratusan ekor ayam petelur mati setiap harinya.

Kondisi ini juga menyebabkan produktifitas telur ayam mengalami penurunan. Sejumlah peternak mengeluh karena ratusan ayamnya mati setiap harinya.

Salah satunya dialami oleh peternak di desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Nyoman Sumatra. Ia yang bertugas di kandang mengatakan jika dalam sehari puluhan ekor ayam mati. "Dalam satu kandang saja jumlah ayam yang mati dalam sehari lebih dari 30 ekor. Kondisi ini terjadi sejak satu minggu lalu,"

Ayam yang masih hidup produksi telurnya juga menurun hingga 50 persen. Para peternak mengaku bingung kenapa penyakit yang diduga dipicu oleh virus ini kembali menyerang. Berbagai upaya telah dilakukan oleh peternak, salah satunya dengan mendatangkan medik veteriner dan akan melakukan vaksinasi kembali terhadap ternak ayam mereka. (bkm/ami)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel